Proses Pendengaran

3.2 Proses Pendengaran dan Keseimbangan Tubuh

A. Proses Pendengaran

Untuk mempermudah dalam memahami proses pendengaran pada manusia, perhatikanlah video dan animasi berikut ini :



Video 3.2.1 Video proses pendengaran
copied and modified from HERE
(http://www.youtube.com/watch?v=skXQ6PuIc4s)


Selain berfugsi sebagai organ pendengaran, telinga juga berfungsi sebagai organ keseimbangan. Keseimbangan terbagi menjadi dua, yaitu keseimbangan statis dan keseimbangan dinamis.

a. keseimbangan statis


Keseimbangan statis ini merupakan keseimbangan yang berhubungan dengan orientasi letak kepala (badan) terhadap gravitasi bumi. Yang berperan pada keseimbangan statis ini adalah sakulus dan ultrikulus( pada kanalis semi sirkularis).Bila kepala miring ke satu arah, otolith yang berat akan tertauk ke bawah oleh gravitasi bumi, hal ini akan menarik lapisan gelatin ke bwah yang kemudin merangsang sel-sel rambut. Impuls keseimbangan ini kemudian dijalarkan melalui bagian vetibularis dari syaraf ke VIII medula kemudian ke korteks otak.


b. Keseimbangan dinamis


Keseimbangan ini merupakan suatu upaya pertahanan keseimbangan tubuh terhadap gerakan-gerakan berbagai arah, misalnya berputar, jatuh, percepatan, dsb.Bila kepala bergerak kesegala arah, maka cairan didalam canalis semi sirkularis akan bergerak ke arah sebaliknya sehingga akan menekukan cupula. Dengan demikian sel-sel rambut terangsang dan timbul ilmpuls menuju syaraf ke VIII. Karena ketiga canalis semisircularis ini letaknya saling tegak lurus maka gerakan kepala kesegala arah dapat terkontrol oleh alat keseimbangan.


Video 3.2.2 Proses Keseimbangan
copied and modified from HERE
(http://www.youtube.com/watch?v=fm7t5S09iUg&feature=PlayList&p=3EB38B0113294E4D&playnext=1&index=47)

Align Center
Kerjakan soal berikut, "Klik di sini"!