Pendahuluan ( Alat Indera)

1.1 Indera Sebagai Reseptor

Tubuh kita dapat merespon suatu keadaan yang terjadi dari luar, misalnya kita dapat merasakan kasar atau halusnya sebuah benda, kita dapat melihat aneka warna benda, dapat merasakan makanan, mencium aroma wangi dan sebagainya. Kemampuan itu haruslah kita syukuri sebagai anugerah Tuhan kepada kita.

Kemampuan kita untuk merespons sesuatu yang berasal dari luar itu tidak hanya dilakukan oleh satu organ saja, tetapi masing-masing dilakukan oleh organ yang berbeda beda. Anda melihat dengan mata, mendengar menggunakan telinga, dan mencium bau dengan hidung, meraba dengan kulit, dan mengecap rasa dengan lidah. Coba Anda bayangkan andaikata kita tidak memiliki semua alat-alat itu? Apa yang akan terjadi? Indra manusia dikatakan seperti jendela untuk mengenal dunia. Karena melalui indra ini Anda dapat melihat, mendengar, merasakan sesuatu sehingga dapat mengenal lingkungannya.

Mahhluk hidup selalu berhubungan dengan perubahan lingkungan luar. Untuk mengatasi perubahan lingkungan tersebut, mahluk hidup dilengkapi dengan organ yang dapat menerima berbagai impuls saraf. Organ tersebut adalaha eksoreseptor yang mampu menerima impuls dari luar lingkungan yang disebut dengan INDRA.

Kita mengenal beberapa reseptor yang berfungsi mengenali perubahan lingkungan luar yang dikelompokkan sebagai ektoreseptor.
Eksoreseptor yang kita kenal ada lima macam, yaitu indera penglihat (mata), indera pendengar (telinga), indera peraba (kulit), indera pengecap (lidah), dan indera pembau (hidung).


1.2 Tipe Reseptor

Berdasarkan tipe rangsangannya, reseptor bagi saraf dapat digolongkan sebagi berikut :
  • Mekanoreseptor : menerima stimulus energi mekanik, seperti sentuhan, tekanan, gravitasi dan pergerakan.
  • Kemoreseptor : menerima rangsangan berupa senyawa kimia.
  • Reseptor rasa sakit : merupakan reseptor yang ditemukan pada epidermis dan disebut dengan nosiseptor.
  • Fotoreseptor : mendeteksi cahaya.
  • Termoreseptor : merespon terhadap panas dan dingin, serta membantu mengatur suhu tubuh.
  • Fonoreseptor : menerima rangsang berupa gelombang suara.
Kerjakan soal berikut, klik disini!